Menu

Prinsip prinsip belajar dan asas pembelajaran pdf

3 Comments

prinsip prinsip belajar dan asas pembelajaran pdf

Minggu, 15 Februari contoh proposal kewirausahaan. STKIP KUSUMA NEGARA JAKARTA. Puji syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa,karena atas izin-Nya lah saya dapat menyelesaikan proposal kewirausahaan ini. Terimakasih juga saya haturkan kepada kedua orang tua saya, rekan-rekan sekalian,dan tentunya sumber-sumber web yang sangat membantu saya dan prinsip menginspirasi saya dalam penyusuna proposal ini. Karena tanpa mereka, saya mungkin tidak dapat menyelesaikan proposal ini dengan tepat waktu. Dengan minimnya pengalaman yang saya miliki, saya berharap proposal yang saya buat ini dapat juga bermanfaat bukan hanya untuk diri saya sendiri namun bagi seluruh calon wirausahawan maupun mahasiswa yang ingin belajar untuk berwirausaha. Saya menyadari bahwa didalam proposal yang saya buat ini masih terdapat banyak kekurangan, oleh karena itu saya sangat berkenan untuk menerima segala kritik dan saran yang dapat membangun sehingga proposal usaha ini dapat menjadi lebih baik lagi. Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan pokok dalam kehidupan manusia. Dengan bertambah luasnya pengetahuan yang dimiliki seorang individu juga dapat mempengaruhi kualitas serta mempermudah segala aspek kehidupannya. Sebagai contoh, seorang siswa lulusan Sekolah Menengah Kejuruan dibidang akutansi yang dididik dan dipersiapkan untuk menjadi seorang akuntan,akan lebih belajar untuk bekerja dibidangnya dibandingkan dengan lulusan pendidikan setara lainnya. Disini terlihat jelas bahwa pendidikan merupakan salah satu jembatan penting dalam mempermudah seseorang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Berkaca pada tanah air ini, memang sungguh memprihatinkan prinsip. Dari pendidikan ditingkat dasar bahkan hingga ke perguruan tinggi, masih banyak pelajar ataupun mahasiswa prinsip menganggap bahwa pendidikan hanyalah status. Setelah lulus sekolah terkadang mereka hanya berfikir untuk dan bekerja tanpa memikirkan kualitas inteligen mereka yang seharusnya mereka dapatkan selama menempuh pendidikan,hanya ijazah yang mereka jadikan sebgai senjata untuk menghadapi kehidupan mendatangnya. Padahal dengan bakat dan tekad serta pendidikan yang mereka jalani sesuai dengan keinginan hatinya masing-masing, mereka mampu berwirausaha dan menciptakan lapangan pekerjaan yang dapat berguna bagi dirinya saja, namun rekan bahkan orang lain disekitarnya. Berdasarkan pembelajaran tersebut, terinspirasilah serta tumbuhlah keinginan untuk mencerdaskan kehidupan di tanah air. Sebagai contoh hal terkecil yaitu meningkatkan minat pdf memotivasi generasi-generasi muda agar mampu dan bersemangat untuk meningktkan kualitas dirinya dimata masyarakat luas; serta mampu menciptakan generasi-generasi muda yang bertanggung jawab,jujur,ulet dan mandiri. Namun tidak selamanya pendidikan itu kita dapatka dengan cara yang itu-itu saja. Setiap individu mengharapkan dapat belajar dengan begitu menyenangkan tanpa merasa beban sedikitpun namun tetap memenuhi kualitas yang ditargetkan. Dengan kualitas individu yang meningkat,maka dapat dipastiakan kualitas taraf hidup masyarakat di tanah air juga dapat bersaing dengan Negara-negara maju di dunia. Adapun tujuan yang melatar belakangi disusunnya proposal ini belajar lain: Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, saya akan dan ebuah usaha dalam bidang pendidikan demi terwujudnya tujuan dan harapan saya terhadap generasi penerus bangsa khususnya para pelajar baik ditingkat dasar maupun ditingkat lanjutan. Selain teknik dan sistem pengajaran yang berbeda,pengkondisian situasi belajar yang menyenangkan dan tenaga kerja tutor yang professional pun menjadi tekad pdf kami. Secara keseluruhan usaha bimbingan belajar memiliki prospek yang cerah untuk dilakukan karena didukung oleh kebijakan pemerintah yang melarang sekolah negeri untuk menyelenggarakan kursus atau pelajaran tambahan yang memungut biaya dari siswanya. Maka dari itu,siswa memilih lembaga kursus sebagai pendidikan non-formal guna menunjang prestasi belajarnya. Asas pada kepribadian dasar seorang anak,membuat saya tergerak untuk menciptakan suasana pdf dalam belajar mengajar agar dapat terasa lebih enjoy,santai namun tetap berkualitas dan siap bersaing. Solusi-solusi cerdas serta rangkaian pilihan solusi dapat disesuaikan kepada kepribadian anak prinsip sesuai prinsip keinginan dan pola berfikirnya masing-masing. Agar anak didik dapat dengan mudah mengakrabkan diri dengan pengajar tutor ,maka saya akan mempersiapkan tenaga pengajar yang masih berusia muda namun tetap professional dan ahli sesuai dibidangnya sehingga anak didik merasa luwes dan nyaman selama kegiatan belajar mengajar. Dengan segala konsep yang telah diuji coba selama batas waktu tertentu 6 bulan ,didapatkan hasil dan tingkat kepahaman peserta didik jauh lebih tinggi dibandingkan dengan cara pengajaran yang biasa diterapkan di sekolah-sekolah pada umunya. Dan satu cara untuk membantu suksesnya metode baru yang kami terapkan,kami menyertakan berbagai games menarik yang disukai oleh peserta didik dalam menyampaikan materi sehingga peserta didik mampu menerima materi dengan mudah,menyenangkan dan tingkat kepahaman yang diterima pun menjadi lebih berkualitas. Adapun program yang disediakan adalah: Dari beberapa pilihan mata pelajaran yang telah tercantum,terbagi dua macam paket bimbingan belajar yaitu: Mengingat sasaran utama kami adalah para pelajar dan anak usia pra-SD,maka untuk sesi promosi kami akan menggunakan media bantuan berupa brosur dan spanduk dengan beberapa titik penyebaran seperti: Usaha yang akan saya dirikan bermodalkan tempat yang dimiliki oleh orang tua saya. Dengan lokasi yang sangat strategis berdekatan dengan beberapa gedung sekolah dan tidak jauh dari jangkauan angkutan umum ,ruang kelas yang nyaman dan cukup memadai 3 ruang kelas,1 ruang seni,toilet,ruang koperasi dan 1 ruang tutor. Adapun rincian biaya modal awal yang diperlukan antara lain adalah untuk: Selain modal awal,ada juga biaya tetap yang harus kami siapkan setiap periodik waktu tertentu. Sebagai uraiannya,rincian pembelajaran yang harus dikeluarkan setiap bulannya selama proses bimbinga belajar dilaksanakan adalah sebagai berikut: Biaya tutor x Rp. Adapun rincian pendanaan yang dikenakan untuk setiap peserta didik yaitu: Dengan segala pengalaman yang pernah dimiliki,para pengajar mampu memahami karakter setiap pribadi peserta didik yang pada dasarnya pdf berbeda-beda. Dengan prinsip enjoy,santai dan diselingi dengan teknik-teknik pengajarannya masing-masing akan mampu melahirkan peserta didik yang berkualitas dan mampu bersain dengan rasa percaya diri yang tinggi. Dengan mengutamakan hubungan antara pengajar pdf dan pelajar yang haronis,dapat pula menciptakan suasana belajar mengajar yang menyenangkan sehingga pemahaman yang didapat peserta didik menjadi lebih maksimal. Kami sangat menghargai keloyalitasan peserta didik,karena hal tersebut dapat memacu kinerja kami untuk menjadi lebih baik lagidan lebih kreatif prinsip mencari inovasi-inovasi baru dalam proses belajar mengajarnya. Besar harapan kami untuk membantu membangun bangsa Indonesia dan mempertaankan kemerdekaannya pembelajaran cara melahirkan generasi-generasi muda yang berkualitas,kreatif,aktif,mandiri dan berkarakkter sehingga secara tidak langsung juga mampu meningktatkan taraf hidup di negeri ini. Dengan kata lain,kami wariskan kemampuan terbaik kami prinsip para adik-adik bibit bangsa dan berharap kedepannya mereka akan berkembang pembelajaran lebih baik dari kami,para pendahulunya. Faktor-faktor tersebut dapat membuat keloyalitasan peserta didik sebagai konsumen menjadi menurun,dan tingkat kepercayaan pun menjadi berkurang. Hal inilah yang menjadi perhatian utama sebagai penyedia jasa khususnya dibidang pendidikan. Selain itu kami akan senantiasa memperbarui sistem pengajaran kami menuju ke arah yang lebih baik lagi dan mencari inovasi-inovasi baru supaya peserta didik mampu mengembangkan bakat kemampuannya lebih maksimal lagi. Hal tersebut pembelajaran agar kami mampu menyaring kemampuan calon peserta didik sambil mengenali karakter yang mereka miliki. Sehingga kami dapat dengan mudah memberi sistem pengajaran yang tepat bagi calon peserta didik yang memiliki karakter yang berbeda-beda. Beberapa cara tersebut diharapkan mampu meningkatkan kualitas dari tempat bimbingan belajar kami. Atas apresiasi saya terhadap pendidikan di tanah air ini,saya ingin merubah pandangan masyarakat luas terhadap pentingnya pendidikan. Kurun waktu dua tahun,pay back period. Diposting oleh Ferlinda Ayu di Kirimkan Ini lewat Email BlogThis! Berbagi ke Twitter Berbagi ke Facebook Bagikan prinsip Pinterest. Puji syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa,karena atas izin-Nya lah saya dapat menyelesaikan Makalah Pendidikan dan Pembelajaran ini. Terimakasih juga saya haturkan kepada kedua orang tua saya, rekan-rekan sekalian,dan tentunya sumber-sumber web yang sangat membantu saya dan banyak menginspirasi saya dalam penyusunan makalah ini. Karena tanpa mereka, saya mungkin tidak dapat menyelesaikan makalah ini dengan tepat waktu. Saya menyadari bahwa didalam makalah yang saya buat ini masih terdapat banyak kekurangan, oleh karena itu saya sangat berkenan untuk menerima segala kritik dan saran yang dapat membangun sehingga makalah ini dapat menjadi lebih baik lagi. Tangerang, 21 Februari Belajar adalah asas proses perubahan perilaku yang muncul karena pengalaman. Belajar bukan hanya mengingat akan tetapi lebih luas dari pada itu, yakni mengalami, hasil belajar bukan suatu penguasaan hasil latihan melainkan perubahan kelakuan, kegiatan belajar dapat dihayati dialami oleh orang yang sedang pembelajaran dan juga dapat diamati oleh orang lain. Pembelajaran adalah suatu sistem yang bertujuan untuk membantu proses belajar siswa, yang berisi serangkaian peristiwa yang dirancang, disusun sedemikian rupa untuk mempengaruhi dan mendukung terjadinya proses belajar siswa. Untuk menciptakan dan menghasilkan kegiatan belajar dan pembelajaran yang berprestatif dan menyenangkan, perlu diketahui berbagai landasan yakni prinsip-prinsip maupun teori belajar. Proses belajar mengajar memang merupakan bagian terpenting dalam mengimplementasikan kurikulum, termasuk memahami prinsip-prinsip pembelajaran itu sendiri. Adapun untuk bisa mengetahui efektivitas dan juga efisiensi suatu pembelajaran bisa kita lihat melalui kegiatan pembelajaran ini. Oleh karena itu, dalam melakukan pembelajaran sudah sepatutnya seorang pengejar mengetahui bagaimana prinsip untuk membuat kegiatan belajar bisa berjalan dengan baik serta bisa mencapai tujuan sesuai dengan yang diinginkan. Prinsip-prinsip pembelajaran adalah bagian terpenting yang wajib diketahui para pengajar sehingga mereka bisa memahami lebih dalam prinsip tersebut dan seorang pengajar bisa membuat acuan yang tepat dalam pembelajarannya. Dengan begitu pembelajaran yang dilakukan akan jauh lebih efektif serta bisa mencapai target tujuan. Apakah definisi prinsip,belajar dan prinsip belajar? Apa saja prinsip-prinsip dalam pembelajaran? Apa Saja Macam-macam Asas Pembelajaran? Memahami pengertian dari prinsip prinsip belajar. Mengetahui prinsip-prinsip dalam pembelajaran. Memahami pengertian asas-asas pembelajaran. Mengetahui prinsip asas pembelajaran. Pengertian Prinsip,Belajar dan Pembelajaran Belajar. Sedangkan pengertian belajar menurut beberapa ahli adalah: Belajar ialah Suatu aktifitas atau pengalaman yang menghasilkan perubahan pengetahuan, perilaku dan pribadi yang bersifat permanen. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengertian prinsip belajar adalah. Banyak teori dan prinsip-prinsip belajar yang dikemukakan oleh para ahli yang satu dengan yang lain memiliki persamaan dan perbedaan. Dari berbagai prinsip belajar tersebut terdapat beberapa prinsip yang relatif berlaku umum yang dapat kita pakai sebagai dasar dalam upaya pembelajaran, baik bagi siswa yang perlu meningkatkan upaya belajarnya maupun bagi guru dalam apaya meningkatkan mengajarnya. Proses belajar dipengaruhi kesiapan siswa. Yang dimaksud dengan kesiapan siswa ialah kondisi yang memungkinkan ia dapat belajar. Tujuan dalam belajar diperlukan untuk suatu proses yang terarah. Motivasi adalah suatu kondisi dari pelajar untuk memprakarsai kegiatan, mengatur arah kegiatan itu dan memelihara kesungguhan. Seseorang cenderung untuk percaya sesuai dengan bagaiman ia memahami situasi. Persepsi adalah interpertasi tentang situasi yang hidup. Setiap individu melihat dunia dengan caranya sendiri yang berbeda dari yang lain. Persepsi ini mempengaruhi perilaku individu. Proses pengajaran semestinya memperhatikan perbedaan individual dalamkelas dapat memberi kemudahan pencapaian tujuan belajar setinggi-tingginya. Pengajaran yang hanya memperhatikan satu tingkat sasaran akan gagalmemenuhi kebutuhan seluruh siswa. Belajar dianggap bermanfaat bila seseorang dapat menyimpan dan menerapkan hasil belajar dalam situasi baru. Apapun yang dipelajari dalam suatu situasi pada akhirnya akan asas dalam situasi yang lain. Proses tersebut dikenal sebagai proses transfer. Belajar afektif mencakup nilai emosi,dorongan, minat dan sikap. Jenis cakupan validitas evaluasi dapat mempengaruhi proses belajar saatini dan selanjutnya pelaksanaan latihan evaluasi memungkinkan bagiindividu untuk menguji kemajuan dalam pencapaian tujuan. Belajar psikomotor mengandung aspekmental dan prinsip. Prinsip — Prinsip Belajar Menurut Rochman Nata Wijaya dkk yaitu: Jika sebuah respon menghasilkan efek jembatan yang memuaskan, maka hubungan Stimulus-Respon akan semakin kuat. Sebaliknya, semakin tidak memuaskan efek yang dicapai respon, maka semakin lemah pula hubungan yang terjadi antara Stimulus-Respon. Bahwa hubungan antara stimulus dengan respons akan semakin bertambah erat, jika sering dilatih dan akan semakin berkurang apabila jarang atau tidak pernah dilatih. Bahwa kesiapan mengacu pada asumsi bahwa kepuasan organisme itu berasal dari pendayagunaan suatu pengantar conduction unit dimana unit-unit ini menimbulkan kecenderungan yang mendorong organisme untuk berbuat atu tidak berbuat sesuatu. Prinsip yang harus dipunyai pendidik untuk menarik perhatian peserta didik. Bahwa makna yang dalam akan menunjang dalam proses pembelajaran. Makin jelas makna hubungan suatu pembelajaran maka akan semakin efektif sesuatu yang dipelajari. Bahwa dalam belajar pembelajaran diperlukan bahan baru untuk menambah wawasan atau pengalaman suatu peserta didik. Bahwa hubungan antara Stimulus-Respon akan semakin kuat dan bertambah erat jika sering dilatih dan akan semakin pdf dan berkurang jika jarang atau tidak pernah dilatih. Perhatian mempunyai peranan yang penting dalam kegiatan belajar. Dari kajian teori belajar pengolahan informasi terungkap bahwa tanpa adanya perhatian tak mungkin terjadi belajar Gage n Berliner, Perhatian terhadap belajar akan timbul pada siswa apabila bahan pelajaran sesuai dengan kebutuhannya. Apabila bahan pelajaran itu dirasakan sebagai sesuatu yang dibutuhkan, diperlukan untuk belajar lebih Ianjut atau diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, akan membangkitkan motivasi untuk mempelajarinya. Apabila perhatian alami ini tidak ada maka siswa perlu dibangkitkan perhatiannya. Di samping perhatian, motivasi mempunyai peranan yang sangat penting dalam kegiatan belajar. Motivasi adalah tenaga yang menggerakkan dan prinsip aktivitas seseorang. Motivasi dapat dibandingkan dengan mesin dan kemudi pada mobil gage dan Berliner, Petri Petri, Herbet L, Motivasi dapat merupakan tujuan pembelajaran alat dalam pembelajaran. Sebagai tujuan, motivasi merupakan salah satu tujuan dalam mengajar. Guru berharap bahwa siswa tertarik dalam kegiatan intelektual dan estetik sampai kegiatan belajar berakhir. Sebagai alat, motivasi merupakan salah satu faktor seperti halnya intelegensi dan hasil belajar sebelumnya yang dapat menentukan keberhasilan belajar siswa dalam bidang pengetahuan, nilai-nilai, dan keterampilan. Motivasi mempunyai kaitan yang erat dengan minat. Siswa yang memiliki belajar terhadap sesuatu bidang studi tertentu cenderung tertarik perhatiannya dan dengan demikian timbul motivasinya untuk mempelajari bidang studi tersebut. Motivasi juga dipengaruhi oleh nilai-nilai yang dianggap penting dalan, kehidupannya. Perubahan nilai-nilai yang dianut akan mengubah tingkah laku manusia dan motivasinya. Karenanya, bahan-bahan pelajaran yang disajikan hendaknya disesuaikan dengan minat siswa dan tridak bertentangan dengan nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat. Sikap siswa, seperti haInya motif menimbulkan dan mengarahkan aktivitasnya. Siswa yang menyukai matematika akan merasa senang belajar matematika dan terdorong untulk belajar lebih giat, demikian pula sebaliknya. Insentif, suatu hadiah yang diharapkan diperoleh sudah melakukan kegiatan, dapat menimbulkan motif. Hal ini merupakan dasar teori belajar B. Motif intrinsik adalah tenaga pendorong yang sesuai dengan perbuatan yang dilakukan. Sebagai contoh, seorang siswa yang dengan sungguh-sungguh mempelajari mata pelajaran di sekolah pdf ingin memiliki pengetahuan yang dipelajarinya. Sedangkan motif ekstrinsik adalah tenaga pendorong yang ada di luar perbuatan yang dilakukannya tetapi menjadi penyertaanya. Sebagai contoh, siswa belajar sungguh-sungguh bukan pembelajaran ingin memiliki pengetahuan yang dipelajarinya tetapi didorong oleh keinginan naik kelas atau mendapat ijazah. Naik kelas dan mendapat ijazah adalah penyerta dari keberhasilan dan. Pertamaorang itu asas bahwa objek tersebut mempunyai kaitan dengan dirinya umpamanya dengan kebutuhan, cita cita, pengalaman, bakat, minat. KeduaObjek itu sendiri dipandang memiliki sesuatu yang lain dari yang lain, atau yang lain dari yang biasa, lain dari yang pada umumnya muncul. Kecendrungan psikologi dewasa ini menganggap bahwa anak adalah makhluk yang aktif. Anak mempunyai dorongan untuk berbuat sesuatu, mempunyai kemampuan dan aspirasi sendiri. Belajar tidak bisa dipaksakan dan orang lain dan juga tidak bisa dilimpahkan kepada orang lain. Belajar hanya mungkin terjadi apabila anak aktif mengalami sendri. Mon Dewey misalnya prinsip, bahwa belajar adalah menyangkut apa yang harus dikerjakan siswa untuk dirmya sendiri. Guru sekedar pembimbing dan pengarah John Dewy Dalam setiap proses belajar, siswa belajar menampakkan keaktifan. Keaktifan itu beraneka ragam bentuknya. Mulai dari kegiatan fisik yang mudah kita amati sampai kegiatan psikis yang susah diamati. Kegiatan fisik bisa berupa membaca, mendengar, menulis, berlatih keterampilan-keterampilan, dan sebagainya. Contoh kegiatan psikis misaInya menggunakan khasanah pengetahuan yang pembelajaran dalam memecahkan masalah yang dihadapi, membandingkan satu konsep dengan yang lain, menyimpulkan basil percobaan, dan kegiatan psikis yang lain. Seperti yang telah dibahas di depan bahwa belajar iu sendiri adalah akivitas, yaitu aktivitas mental dan emosional. Bila ada sisw a yang asas di kelas pada saat pelajaran berlangsung, akan tetapi pdf emosiona l nya tidak terlibat akif didalam situasi pembelajaran itu, Pada hakikamya siswa tersebut tidak ikut belajar. Belajar karena itu guru jangan sekali-kali membiarkan ada siswa yang tidak ikut aktif belajar. Lebih jauh dari sekedar mengaktifkan siswa belajar, guru harus berusaha meningkatkan kadar aktifitas bela j ar tersebut. Kegiatan mendengarkan penjelasan guru, sudah menunjukkan adanya asas belajar. Akan tetapi barangkali kadarnya perlu ditingkinkan dengan metode mengajar lain. Sekali untuk memantapkan pemahaman anda tentang upaya meningkatkan kadar aktivitas belajar siswa, coba anda tetapkan salah satu pokok bahasan dari salah satu mata pelajaran yang biasa diajarkan. Keterlibatan Prinsip Dalam Belajar. Di muka telah dibkarakan bahwa belajar haruslah dilakukan sendiri oleh siswa yang, belajar adalah mengalami, belajar tidak bisa dilimpahkan kepada orang dan. Edgar Dale dalam penggolongan pengalaman belajar yang dan dalam kerueut pengalamannya mengemukakan bahwa belajar yang paling baik adalah belajar melalui pengalaman langsung. Dalam belajar prinsip pengalaman langsung siswa tidak sekadar mengamati secara langsung tetapi ia harus menghayati, terlibat langsung prinsip perbuatan, dan bertanggung jawab tehadap hasilnya. Sebagai contoh seseorang yang belajar membuat tempe, yang asas baik apabila ia terlihat secara langsng asas perbuatan direct performancebukan dan melihat bagaimana orang menikmati prinsip demonstratingapalagi sekadar mendengar orang bercerita bagaimana cara pembuatan tempe telling. Belajar sebaiknya dialami melalui perbuatan langsung. Belajar harus dilakukan oleh siswa secara aktif, baik individual maupun kelompok, dengan cara memecahkan masalah prolem solving. Guru bertindak sebagai pembimbing dan fasilitator. Keterlibatan siswa di dalam belajar jangan diartikan keterlibatan fisik semata, namun lebih dari itu terutama adalah keterlibatan mental emosional, keterlibatan dengan kegiatan kognitif dalam pencapaian asas perolehan pengetahuan, dalam penghayatan dan intemalisasi nilai-nilai dalam pembentukan sikap dan nilat, dan juga pada saat mengadakan latihan-latihan dalam pembentukan keterampilan. Prinsip belajar yang menekankan perlunya pengulangan yang dikemukakan oleh teori Psikologi Dava. Menurut teori ini belajar adalah melatih daya-daya yang ada pada manusia yang terdiri atas daya mengamat, menanggap, mengingat. Dengan mengadakan pengulangan maka dasya-daya tersebut akan berkembang. Seperti hainya pisau yang selalu diasah belajar menjadi tajam, maka daya-daya yang dilatih dengan pengadaan pengulangan-pengulangan akan menjadi sempuma. Banyak tingkah laku manusia pdf terjadi karena kondisi, misalnya siswa berbaris masuk ke kelas karena mendengar bunyi lonceng, kenda ra an berhenti ketika lampu Ialu lintas berwarna merah. Menurut teori ini perilaku individu dapat dikondisikan, dan belajar merupakan upaya untuk mengkondisikan suatu perilaku atau respons terhadap sesuatu. Mengajar adalah pembelajaran kebiasaan, mengulang-ulang sesuatu perbuatan sehingga menjadi suatu kebiasaan dan pembiasaan tidak perlu selalu oleh stimulus yang sesungguhnya, tetapi dapat juga oleh stimulus penyerta. Teori Medan Field Theory dari Kurt Lewin mengemukakan bahwa dalam, prinsip belajar berada dalam suatu medan atau lapangan psikologis. Dalam situasi belajar siswa menghadapi suatu tujuan yang ingin dicapai, tetapi selalu terdapat hambatan belajar mempelajari bahan belajar, maka timbullah motif untuk mengatasi hambatan itu yaitu dengan mempelajari bahasa belajar tersebut. Apabila hambatan itu telah diatasi, artinya tujuan belajar telah tercapai, maka ia akan masuk dalam medan baru dan tujuan baru, demikian seterusnya. Tantangan yang dihadapi dalam bahan belajar haruslah menantang. Bahan belajar yang belajar, yang banyak mengandung masalah yang perlu dipecahkan membuat siswa prinsip untuk mempelajarinya. Pelajaran yang memberi kesempatan pada siswa untuk mener i makan konsep-konsep, prinsip-prinsip, dan generalisasi akan menyebabkan siswa berusaha men c ari dan menemukan kons e p-konsep, prinsip-prinsip, dan generalisasi tersebut. Pemberian Balikan Atau Umpan Balik Dan Penguatan Belajar. Prinsip belajar yang berkaitan dengan balikan dan penguatan terutama ditekankan oleh teori belajar operant Conditioning dari B. Kalau pada teori conditioning yang diberi kondisin adalah stimulusnya, maka pada operant conditioning yang diperkuat adalah responsnya. Kunci dari teori belajar im adalah law of effect — nya Thomdike. Siswa akan belajar lebih bersemangat apabila mengetahui dan mendapatkan hasil yang haik. Hasil, apalagi hasil yang baik, akan merupakan balikan yang menyenangkan dan berpengarub baik bagi usaha belajar selanjutnya. Namum dorongan belajar itu menurut B. E Skinner tidak saja oleh penguatan yang menyenangkan tetapi juga ada yang tidak menyenangkan. Atau dengan kata lain penguatan positif maupun negatif dapat memperkuat belajar gage dan Berliner, Siswa belajar sunggu h -sungguh dan mendapatkan nilai yang baik dalam ulangan. Nilai yamg baik itu mendorong anak untuk belajar lebih giat lagi. Nilai yang baik dapat merupakan operant conditioning atau penguatan positif. Sebaliknya anak yang mendapatkan nilai yang jelek pada waktu ulangan akan merasa takut tidak naik dan, karena takut tidak naik kelas ia terdorong tuk belajar lebih giat. Di sini nilai buruk dan dan rasa takut lidak naik kelas juga bisa mendorong anak untuk belajar lebih giat. Inilah yang disebut penguatan negatif. Balikan yang segera dan siswa setelah belajar melalui penggunaan metode-metode ini akan membuat siswa terdorong untuk belajar lebih giat belajar bersemangat. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Asas adalah hukum dasar; suatu kebenaran yang menjadi pokok dasar. Jadi, dapat disimpulkan bahwa asas dan prinsip sebenarnya adalah sama, karena menjadi pokok dasar baik bertindak maupun berpikir. Pembelajaran instruction adalah suat usaha untuk membuat peserta didik belajar atau suat kegiatan untuk membelajarkan peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran merupakan upaya menciptakan kondisi agar terjadi kegiatan belajar. Dalam pengertian lain, pembelajaran adalah usaha-usaha yang terencana dalam manipulasi sumber-sumber belajar agar terjadi proses belajar dalam diri peserta didik. Pembelajaran disebut juga kegiatan pembelajaran instruksional asas usaha mengelola lingkungan dengan sengaja agar seseorang membentuk diri secara positif dalam kondisi tertentu. Dengan demikian inti dari pembelajaran adalah segala upaya yang dilakukan oleh pendidik agar terjadi proses belajar pada peserta didik. Kegiatan pembelajaran tidak akan berarti jika tidak menghasilkan kegiatan belajar pada para peserta didiknya. Kegiatan pembelajaran dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melalui dan para peserta didik, prinsip didik dengan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya dalam rangka mencapai asas dasar. Kegiatan belajar hanya bisa berhasil jika peserta didik belajar secara aktif mengalami sendiri proses belajar. Kegiatan pembelajaran ini akan menjadi bermakna bagi asas didik jika dilakukan dalam lingkungan yang nyaman dan memberikan rasa aman bagi peserta didik. Jadi, asas-asas pembelajaran adalah prinsip-prinsip umum yang harus dikuasai oleh pdf dalam melakukan kegiatan belajar mengajar atau dengan kata lain asas-asas pembelajaran adalah suatu yang dijadikan dasar berpikir dan bertindak untuk dan proses belajar. Peragaan ialah suatu cara yang dilakukan oleh guru dengan maksud memberikan kejelasan secara realita belajar pesan yang disampaikan sehingga dapat dimengerti dan dipahami oleh pembelajaran siswa. Peragaan meliputi semua pekerjaan indera yang bertujuan untuk mencapai pengertian tentang sesuatu hal secara tepat. Agar peragaan berkesan secara nyata, anak tidak hanya mengamati benda atau model yang diperagakan terbatas pada luarnya saja, tetapi harus pdf berbagai segi,dianalisis, disusun, dan dibanding-bandingkan untuk memperoleh gambaran yang jelas dan lengkap. Penerapan asas-asas peragaan dalam kegiatan belajar mengajar, menyangkut beberapa aspek: Penggunaan bermacam-macam alat peraga. Membuat poster-poster, ruang eksposisi dan lain sebagainya. Dasar psikologi penerapan asas peragaan tersebut yakni, suatu hal akan lebih berkesan dalam ingatan siswa pembelajaran melalui pengalaman dan pengamatan langsung anak itu sendiri. Ada dua macam peragaan: Peragaan langsung, dengan menggunakan benda aslinya atau mengadakan percobaan-percobaan yang bisa diamati oleh siswa. Perhatian mempunyai peranan penting dalam kegiatan belajar, tanpa adanya perhatian. Minat dan perhatian merupakan gejala jiwa yang selalu berkaitan, seorang siswa yang berminat dalam belajar akan timbul perhatiannya terhadap pelajaran tersebut. Akan tetapi terkadang perhatian siswa akan hilang jika tidak ada minat dalam pelajaran yang diajarkan, oleh karena itu diperlukan kecakapan seorang guru untuk membangkitkan minat dan perhatian peserta didik. Untuk membangkitkan perhatian dan prinsip yang disengaja guru harus: Dapat menunjukkan pentingnya bahan pelajaran yang disajikan bagi siswa. Berusaha menghubungkan apa yang diketahui siswa dengan bahan yang disajikan. Merangsang siswa agar melakukan kompetisi belajar yang sehat, berusaha menghindarkan hukuman. Mengajar dengan persiapan yang baik, menggunakan meia,menghindari hal-hal yang tidak perlu, mengadakan selingan sehat. Berdasarkan pengertian ini, makna motivasi menjadi berkembang. Wlodkowski menjelaskan motivasi sebagai suatu kondisi yang menyebabkan atau menimbulkan perilaku tertentu, dan yang memberi arah serta ketahanan pada tingkah laku tersebut. Sedangkan Imron menjelaskan, bahwa motivasi berasal dari bahasa inggris motivation, yang berarti dorongan pengalasan dan motivasi. Motivasi adalah dorongan bagi seseorang untuk kekuatan melakukan sesuatu dengan penuh semangat, yang berasal dari diri sendiri disebut motivasi instrinsik, kemudian dorongan dari luar disebut motivasi ekstrinsik. Motivasi instrinsik, misalkan saja siswa belajar bersungguh-sungguh untuk menguasai pelajaran yang diajarkan. Kemudian motivasi ekstrinsik dapat dilakukan oleh guru, sehubungan dengan itu S. Nasution membedakan macam-macam motivasi sebagai berikut: Ahli psikologi mendenifisikan apersepsi adalah bersatunya memori yang lama dengan yang baru pada saat tertentu. Untuk menetapkan asas-asas apersepsi dapat diikuti langkah-langkah sebagai berikut: Yang dimaksud dengan korelasi disini adalah hubungan antara mata pelajaran yang prinsip dengan yang prinsip yang berfungsi untuk menguatkan pdf yang dimiliki oleh siswa, juga dapat menimbulkan minat dan perhatian siswa. Hendaknya guru juga menghubungkan pelajaran dengan realita sehari-hari. Ada tiga tahapan dalam pelaksanaanya, yakni: Model pembelajaran kooperatif adalah konsep yang lebih luas meliputi semua jenis kerja kelompok termasuk bentuk-bentuk yang dipimpin oleh guru atau diarahkan oleh guru. Kooperatif menggambarkan makna yang lebih luas, yaitu menggambarkan keseluruhan proses sosial dalam belajar dan mencangkup pula pengertian kolaborasi. Adapun pengelompokan kelompok itu biasanya didasarkan pada adanya alat pelajaran yang tidak mencukupi jumlahnya,kemampuan belajar siswa,memperbesar partisipasi siswa,pembagian tugas dan kerja sama. Yang dimaksud dengan kooperatif disini adalah belajar atau bekerja sama kelompok. Hal ini dianggap penting untuk menjalin hubungan sosial antara siswa yang satu dengan yang lainnya, juga hubungan guru dengan siswa. Adapun keuntungan-keuntungan kooperatif antara lain: Hasil pdf lebih sempurna bila dibandingkan dengan prinsip individual. Pendapat yang dituangkan dalam kelompok lebih meyakinkan dibandingkan pendapat individual. Dengan kerja sama yang dilakukan oleh siswa dapat mengikat tali persatuan, tanggung jawab bersama, rasa memiliki, dan menghilangkan egoisme. William Burton membagi kelompok kerja sama tersebut antara lain: Kerja Kelompok, untuk memecahkan suatu problem, menganalisis masalah, pembagian tugas, kegiatan penyelidikan, dan kesimpulan. Diskusi kelompok, belajar ini tidak sama dengan debat tetapi selalu mengutamakan pemecahan masalah. Untuk mencapai hasil maksimal, lima unsur dalam model pembelajaran kooperatif harus diterapkan, lima unsur tersebut adalah: Asas individualitas pada hakikatnya bukan lawan dari kooperasi. Di samping itu para siswa juga berbeda dalam bentuk fisik ataupun mentaloleh karena itu dalam proses belajar mengajar guru menyesuaikan kondisi siswa dengan materi yang diajarkan. Prinsip menyesuaikan kondisi siswa dapat dilakukan pengelompokan, misalkan saja menjadi tiga, kelompok Asas, B dan C. Guru membuat pengelompokan siswa atas dasar kemampuan yang relatif sama, menerapakan cara belajar tuntas, mengembangkan proses belajar mandiri. Beberapa cara penggunaan sumber lingkungan: Yang dimaksud evaluasi di sini adalah penilaian guru terhadap proses kegiatan belajar-mengajar. Penilaian tersebut untuk mengetahui sejauh mana tujuan pengajaran sudah tercapai, selain itu pula untuk mengetahui hambatan-hambatan yang terjadi. Evaluasi tidak hanya dilaksanakan pada akhir semester saja tetapi setiap jam juga bisa karena akan berguna untuk mengetahui kemajuan hasil belajar. Pelaksanaan evaluasi berkenaan dengan dua aspek yaitu aspek guru dan aspek belajar siswa. Suatu komunikasi terbuka antara pendidik dengan peserta didik sehingga siswa termotivasi belajar yang bermanfaat bagi dirinya melalui contoh-contoh dan kegiatan praktek yang diberikan pendidik lewat metode yang menyenangkan siswa. Mengenai Saya Ferlinda Ayu Belajar profil lengkapku.

Kelompok 8 Teori Belajar dan Pembelajaran

Kelompok 8 Teori Belajar dan Pembelajaran prinsip prinsip belajar dan asas pembelajaran pdf

3 thoughts on “Prinsip prinsip belajar dan asas pembelajaran pdf”

  1. allornothing says:

    Our friends play the most important role in our life.A teenager, or teen, is a young person whose age falls within the range from thirteen.

  2. achumelie_ruchki says:

    They will use the picture and the text on the postcard to write about and tell about an imaginary vacation.

  3. Alexi says:

    The Fine Arts Library has two categories of undergraduate theses in print form: Bachelor of Architecture thesis (NA 39) and senior honors City and Regional Planning thesis (NA 9002).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

inserted by FC2 system